2018-01-13

Hasyim bin abdi Manaf

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Pada kesempatan ini saya akan berbagai tentang keluarga Nabi Muhammadﷺ dari mulai Hasyim bin Abdu Manaf dan seterusnya berdasarkan buku "Sirah Nabawiyah" karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri. Keluarga Nabi Muhammadﷺ dikenal dengan sebutan keluarga Hasyimiayah, yang dinisbatkan kepada kakeknya, Hasyim bin Abdi Manaf. Oleh karena itu ada baiknya jika menyebutkan sekilas tentang keadaan Hasyim dan keturunan sesudahnya.


Hasyim
Hasyim adalah salah satu dari kempat anak Abdi Manaf. Beliau adalah keluarga yang dipilih Allah SWT bagi Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim.

Beliau jugalah orang yang memegang urusan air minum dan makanan dari Bani Abdu Manaf, tepatnya tatkala Bani Abdi Manaf mengikat perjanjian dengan Bani Abdi-Dar dalam masalah pembagian kedudukan diantara keduanya. Hasyim sendiri adalah orang kaya raya yang terhormat.

Dialah orang pertama yang membagikan remukan roti bercampur kuah kepada orang-orang yang menunaikan haji di Makkah. Nama aslinya adalah "Amru", dan dia dipanggil Hasyim karena suka meremukkan roti.

Dia juga orang pertama yang membuka jalur perjalanan dagang dua kali dalam setahun bagi orang-orang Quraisy, yaitu sekali pada musim dingin dan sekali pada musim kemarau. Seorang penyair berkata tentang hal ini.
"Amru yang meremukkan roti bagi kaumnya Kaum Makkah yang tertimpa musim kering kerontang dia ditempatkan dua kali perjalanan untuk niaga sekali perjalanan musim kemarau dan penghujan."

Lahirnya Abdul Muthalib
Diantara momen kehidupannya, dia pernah pergi ke Syam untuk berdagang. Setibanya di Madinah, dia menikahi Salma binti Amru, dari Bani Adi bin An-Najjar dan menetap bersama istrinya disana. Kemudian lahirlah Abdul Muthalib.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Kisah Perjuangan Rasululahﷺ Dalam Berdakwah